Rabu, 05 Desember 2012

PNTS( Pelatihan Negosiasi dan Teknik Sidang) dan PLG (Pengenalan Lapangan Geologi)


Rangkaian acara PNTS dan PLG yang diselenggarakan oleh HIMA TG BHUWANA kemarin telah sukses terlaksana. Acara yang diikuti oleh para peserta dari Mahasiswa Teknik Geofisika 2012 ini berjalan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 24 – 25 November 2012. Kedua acara ini sendiri berjalan secara bergantian, dimana PNTS  dilaksanakan pada hari Sabtu sedangkan PLG dilaksanakan pada hari Minggu.
            Untuk acara PNTS, yang berkepanjangan dari Pelatihan Negosiasi dan Teknik Sidang, dilaksanakan di Ruang Seminar, Gd. L Teknik Geofisika dengan mendatangkan dua pemateri yaitu Tri Andri Yanto (Alumni Fisika FMIPA 2010) dan Agung Putrawan (T. Geofisika ’08). Acara ini sendiri terbagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB dan sesi kedua dilanjutkan pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.





Sesi pertama diisi oleh Kak Andri dengan materi Teknik Negosiasi. Pada sesi ini Kak Andri memberikan kiat-kiat dan strategi untuk bagaimana melakukan negosiasi yang baik dan efektif sebagai mahasiswa. Teknik Negosiasi atau yang erat kaitannya dengan Teknik Lobby sangatlah penting untuk dimiliki oleh mahasiswa, dimana pada kehidupan sehari-hari mahasiswa selalu dituntut untuk bernegosiasi atau melobby tidak hanya kepada dosen tetapi juga kepada calon sponsor untuk dapat melakukan kerjasama.
Kemudian pada sesi kedua dilanjutkan oleh Kak Agung dengan materi Teknik Sidang. Kak Agung memberikan penjelasan mengenai bagaimana bersidang yang baik dan benar di sesi ini. Teknik Persidangan ini juga sangatlah penting, karena sebagai mahasiswa dituntut untuk memiliki intellectual yang tinggi dalam bersidang agar dapat mengemukakan pendapat dengan baik dan saling menghargai satu sama lainnya sehingga terbentuknya karakter yang”kritis” namun tetap terarah.



Pada hari kedua dilanjutkan dengan acara Pengenalan Lingkungan Geologi atau yang lebih disingkat dengan PLG. Acara yang dilakukan secara outdoor ini dimulai sejak pukul 8.00 WIB. Dengan mengundang tiga pemateri yaitu Irfan Prasetyo (T. Geofisika ’08), Diantoro Deka S (T. Geofisika ’09), dan Satria Subkhi Arifin (T. Geofisika ’09) acara ini berjalan dengan santai namun tetap terarah dan kondusif. PLG 2012 ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yang pertama di Lokasi Tambang Bijih Besi, Lematang, Tanjung Sari dan yang kedua di Granit Indah, Tanjung Bintang. Ketiga pemateri tersebut mengenalkan dan menjelaskan sifat keadaan geologi daerah-daerah tersebut mulai dari batuan, struktur penyusunnya, hingga serjarah singkatnya. Meskipun sempat diguyur hujan gerimis beberapa saat, acara ini tetap berjalan dengan aman dan sukses hingga akhir.


Akhirnya rangkaian acara-acara tersebut ditutup oleh Ketua Pelaksana acara ini, M. Herwanda (T. Geofisika ’11) di Lapangan Granit Indah. Semoga dengan diadakannya kedua acara tersebut Mahasiswa Teknik Geofisika Unila dapat berkembang dan memiliki kompetensi yang tinggi sehingga mampu bersaing di dunia luar nanti. (Beriyan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id