Senin, 18 Februari 2013

Apa Kabar TG Unila di IUGC 2013?



            Setelah berlangsung selama 4 hari, akhirnya event IUGC (Indonesian Undergraduate Geophysics Competition) 2013 berakhir Jumat (8 Februari 2013) minggu kemarin. Event dwi-tahunan yang diselenggarakan oleh Hima TG Terra ITB sejak tahun 2011 tersebut merupakan salah satu event terbesar berskala Nasional dibidang geofisika. Untuk tahun ini sendiri kompetisi yang akan diperlombakan dibagi atas tiga kategori, yaitu; Geophysical Data Interpretation, Geophysical Survey Design, dan Geophysical Software Challenge. Ketiga kategori tersebut merupakan contoh basic yang harus dimiliki oleh seorang geofisikawan.
            Pada tahun ini IUGC memiliki Juara Umum baru, dimana Geofisika UGM (Universitas Gajah Mada) gagal mempertahankan title-nya sebagai juara bertahan dua tahun sebelumnya setelah hanya berada di posisi ke-2 perolehan nilai keseluruhan. Adalah Teknik Geofisika UPN (Universitas Pembangunan Nasional) “Veteran” Yogyakarta yang tahun ini telah merebut Juara Umum IUGC 2013 dan menyisihkan 10 tim lainnya. UPN berhasil membawa Piala Bergilir IUGC 2013 setelah memenangkan dua kategori kompetisi, yaitu Geophysical Data Interpretation dan Geophysical Survey Design.
            Sementara itu untuk Teknik Geofisika Unila hanya berada di posisi ke-3 perolehan nilai keseluruhan. TG Unila berhasil menduduki peringkat ke-2 pada kategori Geophysical Survey Design dan peringkat ke-3 pada kategori Geophysical Software Challenge. Namun sayang, TG Unila tidak berhasil masuk ke dalam tiga besar dalam kategori Geophysical Data Interpretation.
            Itulah prestasi terbaik TG Unila pada IUGC 2013 setelah pada tahun 2011 hanya berada pada peringkat ke-6. Berada di peringkat ke-3 Nasional sudah merupakan suatu kebanggaan bagi Teknik Geofisika Unila mengingat umurnya yang masih sangat muda – dibentuk sebagai Prodi Geofisika tahun 2007 dan menjadi Teknik Geofisika pada tahun 2009. Namun, bukan berarti kita sudah merasa puas dengan prestasi tersebut. Masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk dapat membawa Teknik Geofisika Unila menjadi lebih baik lagi. Kemampuan harus lebih ditingkatkan dan tak lupa juga soft-skill yang mumpuni untuk menjadi geofisikawan yang mampu bersaing di pentas Nasional maupun Dunia. Teknik Geofisika Unila.. Jaya!!! (Beriyan)

Berikut adalah hasil dari IUGC 2013.

Juara Umum IUGC 2013:
1.      UPN

Geophysical Data Interpretation:
1.      UPN
2.      Unpad
3.      UGM

Geophysical Survey Design:
1.      UPN
2.      Unila
3.      UI

Geophysical Software Challenge:
1.      UGM
2.      ITB
3.      Unila

1 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id