Jumat, 01 Februari 2013

IUGC 2013 Menanti



Kompetisi geofisika dwi-tahunan yang diselenggarakan oleh HIMA TG TERRA ITB kembali dilaksanakan pada tahun ini. Kompetisi berskala nasional dengan nama Indonesian Undergraduate Geophysics Competition 2013 atau yang disingkat sebagai IUGC 2013 ini akan dilaksanakan di Kampus ITB, Bandung pada tanggal 5 – 8 Februari 2013 mendatang. Event ini merupakan salah satu event terbesar di dunia geofisika nasional khususnya dalam bidang akademik (Undergraduate Geophysics). Acara yang telah dilaksanakan pertama kali sejak tahun 2011 ini kini diikuti oleh beberapa universitas dan institut di Indonesia yang memiliki Jurusan Teknik Geofisika atau Prodi Geofisika, seperti; ITB, ITS, UGM, UI, Undip, Unhas, Unbraw, Unila, Unpad, UPI, dan UPN. Dimana untuk setiap universitas dan institut yang mengikuti kompetisi tersebut akan mengirimkan masing-masing satu timnya sebagai peserta.
 Pada tahun ini kompetisi yang akan diperlombakan dibagi atas tiga kategori, yaitu; Geophysical Data Interpretation, Geophysical Survey Design, dan Geophysical Software Challenge. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap universitas dan institut diwajibkan untuk mengirim satu timnya sebagai peserta yang terdiri atas 3 orang untuk Geophysical Data Interpretation, 2 orang untuk Geophysical Survey Design, dan 1 orang untuk Geophysical Software Challenge.
Untuk Teknik Geofisika Universitas Lampung (Unila) sendiri telah dipastikan akan mengikuti event tersebut. Hubungan yang baik antara HIMA TG TERRA ITB dengan HIMA TG BHUWANA Unila turut memperlancar komunikasi di antara kedua kampus ini untuk membahas event IUGC 2013. Akhirnya terbentuklah satu tim yang akan mewakili Unila dalam event IUGC 2013 tersebut. Tim yang beranggotakan 6 orang tersebut terdiri dari Alhada Farduwin (TG ’08), Annisa Mutiara Badri (TG ’10), dan Beriyan Adeam (TG ’10) untuk kategori Geophysical Data Interpretation; Anis Kurnia Dewi (TG ’10) dan Diantoro Deka Saputra (TG ’09) untuk kategori Geophysical Survey Design; serta Taufiq (TG ’10) untuk kategori Geophysical Software Challenge.
Harapan kini ada di pundak mereka untuk dapat mengharumkan nama Teknik Geofisika Unila dalam event berskala nasional tersebut. Doa kami mengiringi Tim IUGC 2013 Unila untuk dapat berbicara banyak di event tersebut. Selamat berjuang dan semoga sukses! (Beriyan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id