Sabtu, 05 September 2015

Riau Sebagai Salah Satu Penghasil Minyak Terbaesar Di Indonesia

Riau atau yang kerap disebut dengan Bumi Lancang Kuning adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas, karetkelapa sawit dan perkebunan serat. Luas wilayah provinsi Riau adalah 87.023,66 km².

Cadangan minyak bumi Riau terbesar di Indonesia, yakni 5 miliar barel atau 51,5% dari cadangan nasional 9,7 miliar barel. Produksi minyak bumi Riau 365 ribu barel per hari (133,4 juta barel per tahun) atau 40,7% dari produksi nasional 895 ribu barel per hari (314 juta barel per tahun). Produksi 133,4 juta barrel per tahun hanya 64,6 juta barel  (49,4%) diproses di kilang minyak Dumai dan Sungai Pakning, sebesar 18,6 juta barel diproses di kilang minyak Bolongan, dan 50,2 juta barel (37,6%) produksi minyak Riau diekspor (Dikutip dari energitoday.com).

Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) memprediksi produksi minyak di Provinsi Riau tinggal menyisakan beberapa tahun lagi. Hal ini seiring dengan habisnya cadangan minyak yang masih tersimpan saat ini di Bumi Lancang Kuning. 

‘’Cadangan minyak di Duri dan Minas yang saat ini memproduksi sebesar 360 ribu barel per hari tinggal menyisakan 12 tahun lagi, jika tidak ada temuan lapangan dan cadangan baru,’’ ujar Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas BP Migas Gde Pradnyana kepada Riau Pos di Jakarta (Dikutip dari riaupos.co).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id