Kamis, 16 Mei 2013

Bentuk Pengabdian TG Bhuwana kepada Masyarakat



            Jumat siang (5 April 2013) sekitar pukul 14:00 WIB setelah waktu Sholat Jumat selesai terlihat keramaian yang tidak biasa di Gedung L Fakultas Teknik. Beberapa mahasiswa sibuk menyiapkan barang-barang dengan tas ransel besar di pundaknya. Pada hari tersebut merupakan hari keberangkatan Hima TG Bhuwana menuju Desa Penyandingan, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung. Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, maka Hima TG Bhuwana akan melaksanakan Pengmas (Pengabdian Masyarakat) di desa tersebut. Pengmas kali ini merupakan kegiatan yang perdana yang dilakukan oleh Hima TG Bhuwana. Di sini, mahasiswa dituntut untuk mengabdikan ilmu-ilmunya yang diperoleh selama belajar di dalam kelas kepada masyarakat.
Siang itu sebuah truk telah menunggu di halaman parkir Gedung L FT untuk kemudian digunakan sebagai media transportasi. Truk? Kenapa sebuah truk yang digunakan? Mengingat medan yang begitu sulit untuk mencapai desa tersebut, maka satu-satunya media transportasi yang dapat digunakan untuk bisa mengangkut orang banyak ke sana adalah dengan menggunakan truk.
Akhirnya setelah semuanya sudah dipersiapkan, pukul 15:00 WIB sekitar 24 mahasiswa berangkat menuju Kelumbayan. Perjalanan dari Unila hingga Desa Kelumbayan ditempuh lebih dari 6 jam. Hal ini dikarenakan truk yang dikendarai sempat salah jalan sehingga harus memutar balik. Hingga akhirnya sekitar pukul 21:30 WIB rombongan Hima TG Bhuwana memasuki Desa Penyandingan, Kelumbayan. Rombongan pun langsung disambut oleh Kepala Pekon (Kepala Desa) dan Carik (Sekretaris Desa) Desa Penyandingan, Kelumbayan. Setelah sedikit berbincang-bincang dan mendapat sambutan yang hangat dari warga, kemudian para rombongan dipersilahkan untuk istirahat. 
Keesokan harinya (Sabtu, 6 April 2013) rombongan dibagi menjadi dua tim untuk melaksanakan tugas masing-masing. Tim pertama dikirim ke sekolah-sekolah yang ada di Desa Penyandingan untuk memberikan pengetahuan dini tentang bahaya bencana alam dan tim kedua bertugas untuk membuat Jalur Evakuasi Tsunami untuk daerah pinggir pantai. Sekitar pukul 16:00 WIB kedua tim kembali dan mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk acara malam, yaitu Presentasi Mitigasi untuk Masyarakat Umum yang akan diselenggarakan di Balai Pekon. Namun, sejak magrib waktu setempat hujan turun membasahi Desa Penyandingan. Acara yang direncanakan dimulai ba’da Isya pun harus ditunda karena hujan yang cukup lebat. Tetapi, pukul 21:00 WIB hujan mulai mereda dan warga mulai berdatangan. Dan akhirnya acara pun dapat dilangsungkan. Walaupun hari sudah terhitung malam tapi tetap tidak mengurangi animo masyarakat untuk hadir dan mengikuti acara. Dengan pemahaman yang tergolong “baru”, pertanyaan-pertanyaan pun ditanyakan oleh mereka. Dari pertanyaan yang sederhana, mendetail, bahkan yang tidak berhubungan pun ada. Tetapi, tim penjawab tetap mencoba menjawab dan menjelaskan dengan baik.
Hari ke-3 merupakan hari terakhir rombongan Hima TG Bhuwana di Desa Penyandingan. Acara terakhir yang dilakukan pada hari ini adalah penjelasan tentang Jalur Evakuasi Tsunami yang telah dibuat pada hari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar para warga tidak panik dan bingung bila bencana tsunami datang. Sesudah acara tersebut selesai, maka rombongan pun meminta izin untuk pulang. Setelah memberikan plakat dan berfoto bersama rombongan pun langsung naik ke truk untuk kembali ke Unila. Lambaian tangan para warga dan anak-anak mengiringi kepulangan rombongan dari desa yang damai tersebut.
Meskipun ada sedikit kendala di perjalanan pulang, akhirnya rombongan bisa sampai di Unila dengan selamat pukul 19:00 WIB. Lelah itu pasti, terlihat dari wajah-wajah mereka yang sudah mulai lesu. Tetapi, rasa bahagia dan bangga menutupi itu semua. Senyuman dan lambaian tangan warga Penyandingan merupakan bukti bahwa kelelahan mereka selama beberapa hari tersebut terbayar dengan respon positif dari warga dan niat mengabdi yang tulus untuk warga. (Beriyan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id