Kamis, 19 Maret 2015

Artikel Lingkungan Masa Depan

Tahun 2040 Air Menjadi Penyebab Perang Antar Negara

Send to a friendPrint Version
Semakin menipisnya cadangan air, serta meningkatnya kebutuhan air di masa depan, menjadikan air sebagai barang yang harus diperebutkan.
Jika saat ini minyak bumi menjadi penyebab berbagai perang di berbagai belahan dunia, maka di tahun 2040 air menjadi pemicu perang.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Director of National Intelligence. Menurut institusi tersebut, beberapa wilayah seperti Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika Utara akan menghadapi tantangan besar berkaitan dengan ketersediaan air yang berarti pula berpengaruh terhadap produksi pangan dan energi.

Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa dalam 10 tahun ke depan, perang airkemungkinan terjadi dalam 10 tahun lagi. Namun dalam 30 tahun selanjutnya, konflik akan semakin bertambah berat seiring dengan meningkatnya kebutuhan air dalam skala global.

Pemanasan global, bertambahnya populasi, penggundulan hutan menjadikan air bersih semakin sulit didapat. Kondisi ini lebih diperparah lagi dengan limbah dan polutan yang terlarut dalam air. Jika tidak dimulai dari saat ini untuk mengambil tindakan-tindakan yang perlu guna memperlambat laju berkurangnya cadangan air tanah, maka konflik antar negara semakin lebih pelik. Perlu dipersiapkan antisipasi untuk mencari alternatif sumber bersih dan mengembalikan fungsi tanah sebagai penyimpan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id