Sabtu, 05 Juli 2014

GENETIKA HIMA TG BHUWANA


Generasi Teknik Geofisika (GENETIKA) kali ini merupakan yang ke-5. Kegiatan ini adalah salah satu program kerja dari bidang kaderisasi HIMA TG Bhuwana. Pada tanggal 12 April 2014, kegiatan ini di laksanakan di Youth Camp Hanura, Pesawaran. Pukul 10.00 para peserta dan panitia telah tiba di lokasi setelah melakukan 2 jam perjalanan menggunakan bus.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan HIMA TG BHUWANA Universitas Lampung kepada calon pengurus anggota HIMA yang selanjutnya. Guspriandoko, selaku Ketua HIMA TG BHUWANA periode 2013-2014 yang membuka acara tersebut. Kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya dan ditutup dengan doa agar kegiatan berjalan dengan lancar. Para peserta di bagi menjadi 7 kelompok, yang masing-masing kelompok mempunyai yel-yel kebangsaan mereka untuk lebih semangat.

Pos pertama ditempati oleh bidang SBM (Sosial Budaya Masyarakat). Disini diajarkan cara bersosialisasi dengan orang lain baik keluarga, dosen, sesama teman, ataupun orang lain. Di bidang SBM terdapat 2 divisi yaitu divisi HUMAS (hubungan masyarakat) dan divisi keagamaan.

Biro DANUS (Dana dan Usaha) berada di pos kedua, disini kami diajarkan bagaimana cara melakukan jual-beli yang baik agar mendapatkan untung yang maksimal. Karena kata pepatah mengatakan, “beli barang dengan harga yang serendah-rendahnyanya namun jual dengan harga setinggi-tingginya”. Bukan hanya itu juga, program kerja DANUS juga salah satunya adalah membantu mahasiswa untuk melengkapi alat-alat ajar yang di perlukan, seperti buku dan alat tulis.

Dalam urusan surat-menyurat, Biro KRT (Kesekretariatan)-lah ahlinya pada pos ketiga. Selain diajarkan tata cara surat menyurat, para peserta juga diberikan game disini untuk melatih kekompakan mereka.

Pos keempat dikuasai oleh bidang SAINTEK (Sains dan Teknologi), dengan kostum warna merah untuk para anggotanya. Tes berbicara bahasa Inggris, latihan cara menggunakan kompas tembak, sampai bermain game dengan mengisi air pada paralon yang banyak lubangnya terdapat di pos keempat.

Pos selanjutnya adalah pos bidang Kaderisasi. Untuk pintu gerbang utama, para peserta di latih fisik oleh para anggota kaderisasi yang lain. Dilanjut kembali pelatihan mental dan game yang melatih mereka untuk tetap tegas dan bertanggung jawab dalam memegang HIMA di periode selanjutnya. Para anggota kaderisasi menggunakan kostum berwarna hitam.

Pos terakhir yaitu pos PRESIDIUM dimana hanya ada Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekertaris Umum dan Bendahara Umum disini. Di pos ini, para peserta di berikan tiga game untuk melatih kekompakan anggota sesame kelompok, berpikir kreatif dan tanggap, serta cepat dan dapat menyelesaikan apabila terdapat masalah. Para peserta juga diberikan pilihan di pos ini, tentang minat mereka untuk memasuki bidang ataupun biro yang ada di HIMA TG BHUWANA di periode selanjutnya.

Tidak hanya ilmu dan pengalaman yang di dapat dari kegiatan ini, tapi para peserta dapat menikmati air terjun mengalir derasnya di tempat ini sehingga beban dan pikiran yang ada di badan hilang seketika. Penutupan di lakukan dengan pembagian pin sebagai simbolis bahwa mereka telah mengikuti kegitan ini. Terdapat juga pemilihan kelompok terbaik yang telah di nilai oleh para panitia. Pukul 17.00 para peserta dan panitia melakukan perjalanan lagi, yaitu kembali ke Bandar Lampung karena hari esok masih banyak tugas dan jadwal kuliah yang menanti. (FitriBubun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id